Join Us !!
Rabu, 09 Januari 2013

Netiquette, Etika di Dunia Maya

3 komentar
Read More →

Netiquette, Etika di Dunia Maya

Internet memang merupakan tempat ‘terbuka’. SpAcer bisa melakukan apa saja dan menemukan apa saja di dunia maya. Namun, bukan berarti dengan adanya kebebasan kita bisa berbuat seenaknya spAcer, tetap ada etika yang harus diperhatikan. Etika di dunia maya ini kadang disebut juga sebagai ‘Netiquette’.

email07_01
Netiquette /net-i-ket/, Noun: 1. The social code of network communication. 2. The social and moral code of the internet based on the human condition and Golden Rule of Netiquette. 3. A philosophy of effective internet communication that utilizes common conventions and norms as a guide for rules and standards.
Itu tadi adalah beberapa definisi netiquette menurut kamus. Bisa disimpulkan bahwa netiquette merupakan sebuah konsep dari etiket di internet  dan etika online. Berikut ini 10 aturan utama netiquette yang diringkas dari buku ‘Netiquette’ karangan Virginia Shea.
  1. Lakukan kepada orang lain apa yang kamu inginkan orang lain untuk melakukannya padamu. Ingat spAcer, di balik setiap layar monitor itu, ada manusia juga yang punya perasaan seperti kita lho.
  2. Gunakan standar yang sama dalam berperilaku online seperti dengan yang kamu lakukan di dunia nyata. Di dunia maya, mungkin ada orang yang merasa terlindung di balik layar dan nama anonim sehingga berbuat seenaknya. Jangan berbuat seperti ini ya spAcer.
  3. Lihat dan perhatikan ‘tempat’ kamu berada. Misalnya, bergosip di forum milik kamu dan teman-temanmu tentu tidak masalah, lain halnya jika kamu bergosip di forum yang lebih besar dan yang bisa saja menyinggung orang lain.
  4. Hargai waktu dan juga bandwith orang lain. Misalnya, jika spAcer mem-posting sesuatu, tanyakan kepada diri sendiri, apakah orang lain butuh info ini? Jika jawabannya tidak, maka tidak usah mem-posting-nya karena ini akan membuang waktu orang lain.
  5. Buatlah dirimu menjadi sebaik mungkin. Di Internet, orang melihat kita dari apa yang kita tulis spAcer. Jadi, jika tidak ingin tampil buruk, berhati-hatilah saat menuliskan sesuatu di Internet.
  6. Berbagi pengetahuan. Ini penting lho spAcer, dengan berbagi pengetahuan yang kamu miliki, kamu telah membantu orang lain.
  7. Jaga agar ‘perdebatan’ di bawah kendali. Berdebat tentu boleh spAcer, tapi jangan sampai terjadi keributan yang besar hanya karena ada orang yang punya pendapat tidak sesuai dengan pendapat kita.
  8. Hargai privasi orang lain. Di kehidupan nyata, kamu tentu tidak akan membuka lemari orang sembarangan kan spAcer? Jadi, hargai privasi orang seperti tidak membajak akun mereka atau membaca email mereka ya.
  9. Jangan menyalahgunakan ‘kekuasaan’. Di Internet, beberapa orang punya kekuasaan lebih dibanding yang lainnya, namun jangan gunakan kekuasaan ini untuk hal yang tidak benar. Misalnya, seorang sysadmin tidak boleh membaca email privat milik seseorang meski ia mampu membuka aksesnya.
  10. Maafkan kesalahan orang lain. Kamu mungkin sudah mengerti netiquette, tapi bagaimana dengan orang yang baru saja mengenal internet? Tentu mereka bisa membuat kesalahan. Daripada memarahi orang yang tidak mengerti, ajarkan secara baik-baik hingga ia mengerti.
Nah, berkaitan dengan netiquette ini, Acer juga pernah membuat program Anak Asyik lho spAcer! Program Anak Asyik ini bertujuan untuk melakukan edukasi penggunaan internet secara sehat sekaligus asyik. Beberapa contoh panduan untuk jadi Anak Asyik misalnya:
  • Jangan sembarangan me-retweet info yang kamu temukan di twitter, cek dulu infonya sebelum meneruskan ke orang lain.
  • Perhatikan baik-baik bahasa tulisan seperti penggunaan emoticons, caps lock, ejaan dan sebagainya. Jangan sampai karena typo, orang lain jadi tidak paham atau bahkan sampai marah!
  • Punya komplain atau keluhan terhadap pihak tertentu? Sampaikan secara langsung kepada orangnya lewat channel yang tepat. Ini lebih baik daripada spAcer misuh-misuh atau marah-marah tanpa ada solusi.
CREATED BY



PRANOTO BUDI HUTOMO
Anda Baru Saja Membaca Artikel Tentang Netiquette, Etika di Dunia Maya ,Anda Boleh Menyebarluaskan / Mengcopy Paste Artikel Netiquette, Etika di Dunia Maya Ini Bermanfaat Buat Anda , Namun Saya Mohon Untuk Mencantumkan Link Netiquette, Etika di Dunia Maya Sebagai SumberNya.

3 Responses so far

  1. Anonim says:

    Saya bersetuju dengan kation anda mengenai Retweets. Ia netiquette baik untuk menggunakan Twitter untuk bersenang-senang. Ia bukan satu sumber maklumat yang boleh dipercayai.

  2. Unknown says:

    ok
    oya jangan menggunakan link langsung saya yakin anda buka SPAMMER !

Leave a Reply